Memilih dan Merawat Sofa

Posted: December 25, 2010 in Furniture

Percayakah anda kalau dikatakan sofa adalah bagian dari elemen interior yang esensial? Meningkatnya kebutuhan terhadap sofa diikuti dengan menjamurnya kehadiran galeri sofa di setiap sudut kota menunjukkan sofa telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat terutama didaerah perkotaan. Tak jarang orang bersedia berganti-ganti sofa agar tak disebut ketinggalan zaman. Ibarat butik baju, galeri sofa ini tak hanya menjual, namun juga menyediakan jasa konsultasi untuk pemilihan bahan, perawatan, dan perbaikan.


Modern Sofa

Beberapa orang mungkin menganggap semua kulit adalah sama, pada kenyataannya leather seat yang ada pada kendaraan berbeda dengan leather pada sofa dirumah. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk memilih dan merawat sofa kesayangan anda..

1. Sebelum membeli pastikan model sofa sesuai dengan tema interior atau bahkan tema/gaya arsitektur rumah anda. Misalnya jika rumah anda beraliran ultramodern kontemporer atau minimalis modern, pemilihan sofa dengan komposit kulit dan kayu mungkin tidak cocok untuk ruangan anda. Sementara jika rumah anda beraliran modern art deco, mediteranian atau victorian dapat menggunakan sofa berukuran besar, dengan campuran berbagai bahan, dan berwarna dark glossy sehingga memberikan kesan mewah.

Modern Sofa

2. Kualitas bahan harus menjadi prioritas anda, beberapa sofa dibuat dengan bahan leather asli atau juga bahan sintetis. Perhatikan juga kualitas karet pegas dan busa untuk menghindari sofa anda “kedodoran” dikemudian hari.

3. Pemilihan sofa sebaiknya disesuaikan dengan fungsi ruangan. Untuk ruang tamu sebaiknya dipilih sofa yang mengakomodasi kebutuhan ruang tamu, dengan 2 atau 3 pieces. Sementara untuk ruang keluarga bisa dipilih yang berbentuk single pieces, lebih lapang, tanpa pemisah, cocok untuk menciptakan keakraban antara anggota keluarga.

4. Seperti yang saya sudah tulisakan pada artikel sebelumnya, barang-barang sisa dapat digunakan untuk membuat slipcover atau upholstery. Jika anda bosen dengan tampilan sofa anda, ganti saja upholstery nya, sehingga anda tidak perlu membeli sofa yang baru.

5. Ukuran sofa sebaiknya disesuaikan dengan ukuran ruangan, jika ruangan anda sempit gunakan saja sofa berukuran mungil/kecil dengan bentuk yang simple. Karena jika dipaksakan untuk menggunakan sofa berukuran besar akan mengurangi space ruangan sehingga perabot yang lain terpaksa harus disingkirkan.

Modern Sofa

6. Warna sofa biasanya tergantung pada selera, sebagai bahan pertimbangan dalam memilih warna sofa adalah: warna sofa yang terang misalnya warna putih atau merah biasanya cepat kusam atau terlihat kotor, sementara warna gelap seperti coklat tua atau hitam mungkin tidak terlalu eye catching tapi lebih tersamarkan dari kotoran. Jika anda bingung, ambil saja jalan tengahnya, pilih warna netral, misalnya cream atau ivory.

Modern Sofa

7. Hindari meletakkan sofa didekat sumber cahaya. Sinar matahari atau lampu yang langsung menyinari sofa akan membuat warna sofa cepat menjadi kusam. Sinar matahari dan debu bahkan membuat kulit dan pelapis sofa cepat retak.

8. Khusus untuk sofa yang menggunakan kulit sebagai pembungkusnya, Anda harus rajin merawat kulit itu dengan bahan yang khusus. Bila sofa kulit Anda terkena noda, segera bersihkan dengan menggunakan spons yang lembut. Anda cukup menggunakan air dan sabun biasa dan mengusapnya hingga permukaan kulit benar-benar kering.

9. Tiga bulan sekali oleskan pelembab kulit pada bagian pelapis sofa anda, beberapa toko menjual pelembab dan penghilang kotoran yang khusus untuk leather sofa. Tapi jaga intensitas pemakaiannya, terlalu sering menggunakan pembersih sofa juga akan merusak kulit sofa, karena kulit sofa sensitive terhadap cairan kimia.

10. Jika sofa anda menggunakan pembungkus dari kain, usahakan seminggu sekali bersihkan sofa anda dengan vacuum cleaner. Hal ini akan membantu mengurangi kandungan debu pada sofa anda.

Sumber : architectaria.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s